Jalur Kereta Api SJS/PERUMKA Juwana - Lasem (1900 - 1992)

 Jalur kereta api Juwana - Lasem dibangun oleh Maskapal Samarang Joana Stoomtram Maatschappij (SJS) pada akhir abad ke 19 dan diresmikan pengoperasiaannya pada Tahun 1900. Jalur ini dibagi dalam dua segmen pembangunan, yaitu Juana - Rembang sepanjang 22 Km dan Rembang - Lasem sepanjang 12 Km. Jalur ini terkoneksi dengan Jalur milik NIS Lasem - Jatirogo dan juga jalur SJS yang lain, seperti Juwana - Tayu, Blora - Rembang. Terdapat beberapa stasiun dan halte yang pernah dibangun sepanjang perjalanan operasional dari jalur ini, namun setelah non aktif banyak dari stasiun dan prasarana yang hilang. Stasiun - stasiun yang relatif masih utuh di jalur ini hanya tersisa 3 stasiun yang kebetulan juga menjadi stasiun besar, yaitu Stasiun Juwana, Stasiun Rembang dan Stasiun Lasem. Ketiga stasiun tersebut telah berubah fungsi walaupun bangunannya relatif utuh. Ada yang menjadi terminal, pasar atau hanya dibiarkan mangkrak tanpa perawatan. 

Eks Stasiun Rembang


Jalur Kereta Api Juwana - Lasem termasuk dalam jalur cabang yang relatif bisa bertahan hingga masa PERUMKA (Perusahaan Umum Kereta Api) sampai pada Tahun 1990-an. Lintas Juwana - Rembang dinonaktifkan terlebih dahulu pada sekitar tahun 1986, kemudian menyusul lintas Rembang - Lasem pada Tahun 1992. 


Komentar

  1. cara lihatnya gimana? cuman muncul We are sorry, but you do not have access to Google My Maps. Please contact your Organization Administrator for access.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya otomatis muncul, mungkin anda menggunakan jaringan internet yang google mymaps nya diblok

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer